Senin, 25 Maret 2013

JR# 5 Susahnya Membagi Waktu Meskipun Sulit Tetap di Kerjakan

Menerapkan Budaya 5R

Pembelajaran Per Batch minggu kelima benar -benar kewalahan membagi waktu,karena tugas-tugas kuliah juga menumpuk.Karena hal tersebut tuugas per batch minggu ke 5 saya mengumpulkannya hampir hari H terakhir,:), bahkan membuat jurnalpun terbengkalai.meskipun demikian saya masih aktif belajar baik di edmodo dan forum yang ada di facebook.Di minggu kelima 5 materi yang di pelajari adalah tentang Manajemen Operasional dan Budaya 5R .Manajemen operasional adalah studi tentang pengambilan keputusan dalam fungsi operasi.dari definisi tersebut ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu:
a. Fungsi manajer operasi bertanggung jawab untuk mengelola departemen atau fungsi dalam organisasi
    yang memproduksi barang dan jasa.
b. Sistem mengacu pada sistem tranformasi yang memproduksi barang atau jasa termasuk didalamnya adalah
    membuat rancangan dan analisis operasi.
c. Keputusan menyatakan pengambilan keputusan sebagai unsur penting dalam manajemen operasional.

Budaya 5 R, selama ini jepang adalah salah satu negara yang memiliki etos kerja yang hebat mereka merapkan sistem budaya 5 S yaitu Seiri,Seiton,Seiso,Seiketsu,dan Shitsuke dan ini di terjemahkan sebagai
5R yaitu Ringkas, Rapi,Resik,Rawat dan Rajin. Banyak perusahaan yang sudah menerapkan 5R sebagai budaya kerja,atau salah satu metode perubahan dan perbaikan.

Dari uraian di atas maka Budaya 5S atau 5R ini adalah cara untuk meningkatkan produktivitas dengan melakukan kegiatan menata tempat kerja. Karena lingkungan kerja yang nyaman dan teratur dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas yang tinggi di perusahaan.

Nah bagi pemula atau pengusaha yang belum menerapkan Budaya 5S/5R silahkan menerapkan sistem kerja ini semoga usaha yang sedang di jalankan akan lebih baik.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.