Kamis, 02 Mei 2013

JR# 8 Belajar Marketing



Belajar Marketing

Jurnal Refleksi yang kedelapan disini saya belajar tentang marketing rada-rada sulit juga,sebelumnya dan sekarang sudah cukup mengerti.yang bisa saya pelajari disini tentang Proses yang harus dilalui oleh pembinis Ritel.Ada beberapa Tahapan / Proses yang harus dilalui oleh pembinis ritel dalam menyusun strategi bauran sebuah usaha ritel,yaitu tahapan segmentasi,targeting dan positioning usaha ritel yang akan di bangun,proses tersebut sangat penting jika terjadi kekeliruan atau kesalahan dalam proses awal ini akan mempengaruhi keberhasilan penjualan ritel,disini saya hanya akan menuliskan tentang segmentasi pasar yang merupakan tahap pertama proses awal. Segmentasi adalah kegiatan membagi pasar kedalam kelompok-kelompok tertentu berdasarkan persamaan  karakteristik dan kriteria tertentu,segmentasi pasar ini perlu dilakukan karena keterbatasan modal,tenaga kerja,teknologi,sebuah toko baju melayani kebutuhan dan keinginan semua konsumen yang ada disebuah kota atau daerah tertentu.Dengan demikian sebuah usaha ritel harus memfokuskan diri dalam melayani target pasar spesifik.ini memerlukan segmentasi pasar ritel untuk membagi dan mengelompokkan pasar dalam beberapa kelompok atau segmen konsumen.

Ada beberapa variabel utama yang biasa digunakan dalam melakukan kegiatan segmentasi pasar yaitu :

a. Variabel Demografi  ini merujuk pada data kependudukan atau demografi konsumen seperti
    usia,status pekerjaan,pendapatan,pendidikan,agama,pekerjaan,etnis.
b. Variabel Geografi ini merujuk pada kondisi geografi dimana konsumen tinggal seperti negara,
    iklim, provinsi ,kota, pusat atau pinggiran kota , dataran tinggi atau dataran rendah ,kondi
    si alam,kewarganegaraan,
c. Variabel Psikologi ini merujuk pada karakter yaitu sifat dan temperamen konsumen seperti
    periang,pemarah,sensitif,juga gaya hidup konsumen seperti sederhana,glamour,modern,konvensional.
d. Variabel Perilaku ini merujuk pada perilaku konsumen dalam mengonsumsi suatu produk misalnya
    tingkat kesetiaan konsumen terhadap sebuah merk,tingkat frekuensi konsumsi,waktu konsum
    si produk,manfaat produk yang dibutuhkan ,tingkat adaptasi terhadap produk baru.

Melalui variabel tahap pertama segmentasi tersebut kita dapat membangun profil segmen konsumen.selanjutnya dalam tahapan targeting ditentukan pemilihan segmen pasar yang akan dilayani sebuah usaha ritel.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.