Minggu, 27 Januari 2013

JR # 3 Memilih Lokasi Usaha

Memilih lokasi usaha

Cara Menentukan Lokasi Usaha

Dalam membuka usaha Lokasi adalah hal yang sangat penting untuk kelangsungan atau nasib bisnis kita,jadi penetapan dimana kita akan membuka usaha itu harus diperhatikan dengan menganalisa dan menggunakan  sistem SWOT.Apakah lokasi yang kita pilih sudah memenuhi standar SWOT atau belum.apa itu analisis SWOT ,analisis SWOT adalah metode perencanaan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan,,(weaknesses),peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT.

.Analisis SWOT ini sangat di perlukan untuk mengukur keunggulan ,kelemahan,peluang serta potensi kendala yang ada disuatu lokasi usaha.Tidak semua lokasi itu cocok untuk di jadikan tempat usaha,lokasi yang baik dan sesuai kriteria tidak mudah untuk di dapatkan dan tidak murah untuk di miliki.Sebelum memulai usaha sebaiknya mencermati beberapa faktor yang harus diperhitungkan saat menentukan lokasi antara lain :

a. Modal
   Bagi pemula mungkin masih keterbatasan modal jadi sangat sulit untuk menentukan lokasi usaha.karena keterbatasan modal tersebut harus berhitung cermat untuk menyewa lokasi usaha,ongkos sewa tidak akan berpengaruh terhadap usaha jika omzet tinggi.Seorang pembisnis harus memperhitungkan ongkos sewa kedalam biaya operasional bulanan usaha.
b. Konsumen
    Sebelum menentukan lokasi usaha sebaiknya melakukan survei dahulu ketempat yang akan di jadikan lokasi usaha guna menentukan konsumen / mangsa pasar yang akan menjadi target,misalnya kusus untuk para remaja ,dewasa atau golongan menengah / golongan menengah keatas ini harus sesuai supaya produk kita nanti dapat di terima oleh konsumen.
c. Pesaing
   Suatu lokasi yang dapat menghasilkan / mendatangkan keuntungan usaha sudah tentu akan banyak pesaing  ,dengan berbekal brand yang mempunyai ciri khas tersendiri dan memiliki keunikan yang kuat serta lebih mengutamakan pelayanan dan kepuasan pelanggan serta menjaga mutu pada umumnya lebih bisa bertahan.Persaingan sehat harus di jaga antar penjual demi keuntungan bersama.
d. Akses
    Memilih lokasi usaha harus memperhitungkan cara konsumen mendatangi lokasi ,semakin mudah di jangkau tentu semakin bagus lokasi usaha.misalnya mudah di jangkau kendaraan baik roda dua maupun roda empat,jika letaknya di pinggir jalan raya lebih bagus jika terletak di jalur dua arah,tapi perlu di perhatikan jika ada perubahan jalur  misalkan ada pembatas jalan ini mempengaruhi berkurangya konsumen.Karena konsumen akan memilih kelokasi yang mudah di jangkau tadi.
e. Legalitas
    Kelancaran usaha bisa terganggu jika ternyata lokasi usaha tempat terlarang untuk membuka usaha,biasanya penggunaan rumah dikawasan perumahan elite sebagai tempat usaha rumahan ini di larang.Sebelum membuka usaha sebaiknya meneliti keabsahan dokumen tanah dan bangunan serta mengecek apakah secara hukum kawasan tersebut bisa digunakan sebagai tempat usaha ,dengan memastikan hal ini maka pengusaha akan terhindar dari penggusuran.
f. Lingkungan
   Lingkungan yang memberi nilai tambah terhadap produk yang akan di pasarkan tentu akan membuat usaha jadi berkembang,keamanan lingkungan ini menjadi syarat mutlak bagi pengusaha melihat saat ini banyak terjadi perampokan.
g. Potensi pengunjung
    Sebaiknya memilih lokasi yang selalu ramai pengunjung dan memilih lokasi yang mudah dilihat atau di jangkau oleh konsumen.

Seorang pengusaha harus mencermati seluruh aspek yang menyangkut lokasi usahanya,dari sisi finansial beban operasional lokasi usaha juga harus sebanding dengan potensi omzet.Jika sudah mendapatkan lokasi usaha yang cocok segera mulai usaha apa yang ingin Anda jalankan,semoga sukses :)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.